Berbagai Jenis Lisensi Software

Pengertian Lisensi secara umum adalah pemberian izin dari pemilik dagang atau merk kepada pihak lain dengan suatu perjanjian dan syarat tertentu. Sedangkan pengertian lisensi menurut Undang-undang yang tercantum dalam UU No. 19 tahun 2002 tentang hak cipta adalah izin yang diberikan oleh Pemegang Hak Cipta atau Pemegang Hak Terkait kepada pihak lain untuk mengumumkan dan/atau memperbanyak Ciptaannya atau produk Hak terkaitnya dengan persyaratan tertentu.

Jika lisensi itu berkaitan dengan perangkat lunak atau software maka pengertian lisensi memiliki makna lebih. Pengertian Lisensi Software adalah hak eksklusif pembuat atau pemilik software atas izin, hak dan pembatasan untuk perangkat lunaknya. Sehingga software dapat digunakan, disebarluaskan, diperbanyak atau diubah oleh pihak lain dengan berpedoman pada peraturan yang tercantum pada lisensi software tersebut.

Application Software

Aplikasi perangkat lunak (software application) adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tetapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

Dilihat dari fungsinya, perangkat lunak komputerterbagi menjadi dua kategori, yakni perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak yang berhubungan langsung dengan komponen-komponen perangkat keras komputer, perawatan maupun pemrogramannya. Perangkat lunak sistemmeliputi:
  1. Sistem operasi, yaitu perangkat lunak yang bertugas mengontrol dan melakukan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti pengolah kata dan browser web. Komputer tidak dapat menjalankan perangkat lunak aplikasi yang sangat kita butuhkan jika tidak memiliki sistem operasi di dalamnya. Dewasa ini, tersedia berbagai pilihan sistem operasi, misalnya Linux, Unix, FreeBSD, Solaris, Macintosh dan Microsoft Windows. Dalam buku ini kita akan belajar menggunakan sistem operasi Linux. Image result for linux
  2. Program utility, yaitu perangkat lunak yang ditujukan untuk melengkapi kinerja sistem operasi dan meningkatkan kinerja komputer. Salah satu contoh program utility adalah antivirus. Sistem operasi biasanya tidak dilengkapi dengan antivirus. Karena itu kita harus menambahkan sendiri program utility ini. Contoh lain program utility adalah program untuk mempartisi hardisk dan merapikan file-file yang tersebar di hardisk (disebut defragmentasi).
  3. Bahasa pemrograman, yaitu intruksi dan aturan yang tertuang dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada komputer untuk melaksanakan suatu tugas. Manusia memberikan instruksi yang dimengerti komputer melalui bahasa pemrograman, dan komputer akan menerjemahkannya.

Perbedaan Application Software dan System Software

Perbedaan Utama: Software, atau perangkat lunak komputer, adalah kumpulan program yang menyediakan instruksi untuk komputer. Software pada dasarnya adalah sistem operasi dan semua program yang terkait. Aplikasi perangkat lunak, juga dikenal sebagai aplikasi atau app, adalah perangkat lunak komputer yang dirancang untuk membantu pengguna melakukan berbagai tugas pada komputer.

Software, atau perangkat lunak komputer, adalah kumpulan program yang menyediakan instruksi untuk komputer. Software pada dasarnya adalah sistem operasi dan semua program yang terkait. File-file ini termasuk file-file konfigurasi, preferensi sistem, layanan sistem, fungsi library dan driver instal pada komputer untuk menjalankan perangkat keras. Apa pun yang dimuat pada komputer untuk memulai komputer dikenal sebagai perangkat lunak. Sistem operasi juga merupakan jenis perangkat lunak.

Image result for sistem software dan aplikasi software

Software mengacu pada program atau data yang tersimpan di komputer. Hal ini didefinisikan sebagai seperangkat program, prosedur, algoritma dan dokumentasinya berkaitan dengan pengoperasian sistem pengolahan data. Sistem perangkat lunak sudah dimuat ke dalam komputer ketika Anda membelinya. Seorang pengguna dapat memperbarui perangkat lunak sistem, tetapi tidak dapat menjalankannya.

Aplikasi perangkat lunak, juga dikenal sebagai aplikasi atau app, adalah perangkat lunak komputer yang dirancang untuk membantu pengguna melakukan berbagai tugas pada komputer. Aplikasi perangkat lunak berbeda dari sistem perangkat lunak adalah bahwa hal itu dapat diakses oleh pengguna dan memungkinkan pengguna untuk menjalankannya pada komputer. Aplikasi perangkat lunak biasanya dirancang dengan pengguna dalam pikiran. Definisi baru dari aplikasi yang digunakan untuk merujuk pada aplikasi kecil yang dirancang untuk ponsel, namun definisi tersebut mencakup semua aplikasi pada ponsel pintar, tablet serta komputer. Aplikasi adalah program yang user dapat menjalankan dan secara aktif berinteraksi dengannya.

Aplikasi perangkat lunak termasuk media player, MS Office, OpenOffice, pengolah kata, dll Aplikasi perangkat lunak bahkan termasuk web browser seperti Internet Explorer, Chrome, Firefox, dll software aplikasi membutuhkan bantuan software sistem untuk dijalankan pada komputer. Aplikasi dapat diklasifikasikan ke dalam suite aplikasi, perangkat lunak perusahaan, perangkat lunak infrastruktur perusahaan, perangkat lunak pekerja informasi, perangkat lunak akses konten, perangkat lunak pendidikan, perangkat lunak simulasi, pengembangan perangkat lunak media dan rekayasa perangkat lunak produk.

Image result for sistem software dan aplikasi software

Macam – macam Lisensi Software

1 . Shareware merupakan software original berlisensi yang bisa didownload secara gratis, namun ada keterbatasan dalam penggunaan.

Misalnya jangka waktu atau fitur yang terbatas. Contoh shareware : WINRAR, MS.OFFICE, CorelDraw, dll.

2. Freeware merupakan software yang bisa didownload secara gratis, namun pengguna tidak bisa mengembangkan secara bebas. Contoh freeware: WINAMP, AVIRA, GOOGLE Chrome, dll.

Related image

3. Open Source seperti freeware, namun pengguna dapat mengembangkan secara bebas. Tapi tidak boleh menghapus pengguna sebelumnya. Contoh open source : LINUX, Notepad, Thunderbird, dll

4. Domain Public Perangkat lunak Public Domain ialah perangkat lunak yang tanpa hak cipta. Ada yang menggunakan istilah public domain secara bebas yang berarti cuma-cuma atau gratis.  Contoh MP3Player, MySQL, dll.

5. Web App adalah suatu aplikasi yang diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti Internet atau intranet. Ia juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web (seperti ASP, Perl, Java, Java Script, PHP, Python, Ruby, dll)

6. Mobile web App merupakan sebuah kumpulan halaman html dengan berbasi browser. yang dapat diakses dengan menggunakan perangkat portable seperti smartphone dan gadget / tablet.

7. Mobile Aplikasi merupakan sebuah software yang di buat dan di teruntukan perangkat portable smartphone yang mengaharuskan proses mendownload software mobile aplikasi di toko aplikasi agar dapat di gunakan.

Image result for mobile app

 

Sumber :

http://materitik78.blogspot.com/2014/12/pengertian-dan-ciri-ciri-perangkat-lunak/

https://sridianti.com/perbedaan-antara-software-dan-aplikasi

Modul Aplikasi Komputer “Program dan Aplikasi”