Berbagai Jenis Lisensi Software

Pengertian Lisensi secara umum adalah pemberian izin dari pemilik dagang atau merk kepada pihak lain dengan suatu perjanjian dan syarat tertentu. Sedangkan pengertian lisensi menurut Undang-undang yang tercantum dalam UU No. 19 tahun 2002 tentang hak cipta adalah izin yang diberikan oleh Pemegang Hak Cipta atau Pemegang Hak Terkait kepada pihak lain untuk mengumumkan dan/atau memperbanyak Ciptaannya atau produk Hak terkaitnya dengan persyaratan tertentu.

Jika lisensi itu berkaitan dengan perangkat lunak atau software maka pengertian lisensi memiliki makna lebih. Pengertian Lisensi Software adalah hak eksklusif pembuat atau pemilik software atas izin, hak dan pembatasan untuk perangkat lunaknya. Sehingga software dapat digunakan, disebarluaskan, diperbanyak atau diubah oleh pihak lain dengan berpedoman pada peraturan yang tercantum pada lisensi software tersebut.

Application Software

Aplikasi perangkat lunak (software application) adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tetapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

Dilihat dari fungsinya, perangkat lunak komputerterbagi menjadi dua kategori, yakni perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak yang berhubungan langsung dengan komponen-komponen perangkat keras komputer, perawatan maupun pemrogramannya. Perangkat lunak sistemmeliputi:
  1. Sistem operasi, yaitu perangkat lunak yang bertugas mengontrol dan melakukan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti pengolah kata dan browser web. Komputer tidak dapat menjalankan perangkat lunak aplikasi yang sangat kita butuhkan jika tidak memiliki sistem operasi di dalamnya. Dewasa ini, tersedia berbagai pilihan sistem operasi, misalnya Linux, Unix, FreeBSD, Solaris, Macintosh dan Microsoft Windows. Dalam buku ini kita akan belajar menggunakan sistem operasi Linux. Image result for linux
  2. Program utility, yaitu perangkat lunak yang ditujukan untuk melengkapi kinerja sistem operasi dan meningkatkan kinerja komputer. Salah satu contoh program utility adalah antivirus. Sistem operasi biasanya tidak dilengkapi dengan antivirus. Karena itu kita harus menambahkan sendiri program utility ini. Contoh lain program utility adalah program untuk mempartisi hardisk dan merapikan file-file yang tersebar di hardisk (disebut defragmentasi).
  3. Bahasa pemrograman, yaitu intruksi dan aturan yang tertuang dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada komputer untuk melaksanakan suatu tugas. Manusia memberikan instruksi yang dimengerti komputer melalui bahasa pemrograman, dan komputer akan menerjemahkannya.

Perbedaan Application Software dan System Software

Perbedaan Utama: Software, atau perangkat lunak komputer, adalah kumpulan program yang menyediakan instruksi untuk komputer. Software pada dasarnya adalah sistem operasi dan semua program yang terkait. Aplikasi perangkat lunak, juga dikenal sebagai aplikasi atau app, adalah perangkat lunak komputer yang dirancang untuk membantu pengguna melakukan berbagai tugas pada komputer.

Software, atau perangkat lunak komputer, adalah kumpulan program yang menyediakan instruksi untuk komputer. Software pada dasarnya adalah sistem operasi dan semua program yang terkait. File-file ini termasuk file-file konfigurasi, preferensi sistem, layanan sistem, fungsi library dan driver instal pada komputer untuk menjalankan perangkat keras. Apa pun yang dimuat pada komputer untuk memulai komputer dikenal sebagai perangkat lunak. Sistem operasi juga merupakan jenis perangkat lunak.

Image result for sistem software dan aplikasi software

Software mengacu pada program atau data yang tersimpan di komputer. Hal ini didefinisikan sebagai seperangkat program, prosedur, algoritma dan dokumentasinya berkaitan dengan pengoperasian sistem pengolahan data. Sistem perangkat lunak sudah dimuat ke dalam komputer ketika Anda membelinya. Seorang pengguna dapat memperbarui perangkat lunak sistem, tetapi tidak dapat menjalankannya.

Aplikasi perangkat lunak, juga dikenal sebagai aplikasi atau app, adalah perangkat lunak komputer yang dirancang untuk membantu pengguna melakukan berbagai tugas pada komputer. Aplikasi perangkat lunak berbeda dari sistem perangkat lunak adalah bahwa hal itu dapat diakses oleh pengguna dan memungkinkan pengguna untuk menjalankannya pada komputer. Aplikasi perangkat lunak biasanya dirancang dengan pengguna dalam pikiran. Definisi baru dari aplikasi yang digunakan untuk merujuk pada aplikasi kecil yang dirancang untuk ponsel, namun definisi tersebut mencakup semua aplikasi pada ponsel pintar, tablet serta komputer. Aplikasi adalah program yang user dapat menjalankan dan secara aktif berinteraksi dengannya.

Aplikasi perangkat lunak termasuk media player, MS Office, OpenOffice, pengolah kata, dll Aplikasi perangkat lunak bahkan termasuk web browser seperti Internet Explorer, Chrome, Firefox, dll software aplikasi membutuhkan bantuan software sistem untuk dijalankan pada komputer. Aplikasi dapat diklasifikasikan ke dalam suite aplikasi, perangkat lunak perusahaan, perangkat lunak infrastruktur perusahaan, perangkat lunak pekerja informasi, perangkat lunak akses konten, perangkat lunak pendidikan, perangkat lunak simulasi, pengembangan perangkat lunak media dan rekayasa perangkat lunak produk.

Image result for sistem software dan aplikasi software

Macam – macam Lisensi Software

1 . Shareware merupakan software original berlisensi yang bisa didownload secara gratis, namun ada keterbatasan dalam penggunaan.

Misalnya jangka waktu atau fitur yang terbatas. Contoh shareware : WINRAR, MS.OFFICE, CorelDraw, dll.

2. Freeware merupakan software yang bisa didownload secara gratis, namun pengguna tidak bisa mengembangkan secara bebas. Contoh freeware: WINAMP, AVIRA, GOOGLE Chrome, dll.

Related image

3. Open Source seperti freeware, namun pengguna dapat mengembangkan secara bebas. Tapi tidak boleh menghapus pengguna sebelumnya. Contoh open source : LINUX, Notepad, Thunderbird, dll

4. Domain Public Perangkat lunak Public Domain ialah perangkat lunak yang tanpa hak cipta. Ada yang menggunakan istilah public domain secara bebas yang berarti cuma-cuma atau gratis.  Contoh MP3Player, MySQL, dll.

5. Web App adalah suatu aplikasi yang diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti Internet atau intranet. Ia juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web (seperti ASP, Perl, Java, Java Script, PHP, Python, Ruby, dll)

6. Mobile web App merupakan sebuah kumpulan halaman html dengan berbasi browser. yang dapat diakses dengan menggunakan perangkat portable seperti smartphone dan gadget / tablet.

7. Mobile Aplikasi merupakan sebuah software yang di buat dan di teruntukan perangkat portable smartphone yang mengaharuskan proses mendownload software mobile aplikasi di toko aplikasi agar dapat di gunakan.

Image result for mobile app

 

Sumber :

http://materitik78.blogspot.com/2014/12/pengertian-dan-ciri-ciri-perangkat-lunak/

https://sridianti.com/perbedaan-antara-software-dan-aplikasi

Modul Aplikasi Komputer “Program dan Aplikasi”

Trend Teknologi Hardware di Masa Mendatang

Hardware atau perangkat keras berfungsi untuk mendukung segala proses dalam komputerisasi dan bekerja sesuai perintah yang sudah ditentukan penggunanya atau yang sering disebut dengan brainware. Dengan adanya komponen hardware, maka bentuk output dari setiap proses bisa direalisasikan.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi)

Image result for sistem komputer

Struktur dan Fungsi Komputer

  1. Input Device (Alat Masukan)

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer

  1. Output Device (Alat Keluaran)

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.

  1. I/O Ports

Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.

  1. CPU (Central Processing Unit)

CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.

  1. Memori

Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

  1. Data Bus

Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

  1. Address Bus

Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.

  1. Control Bus

Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

Perkembangan Hardware Dimasa Mendatang

Secara umum hardware masa depan akan menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, yaitu bahan-bahan yang degradable.

Selain itu, bahan-bahan yang digunakan cenderung ringan namun memiliki kecepatan yang tinggi.

Di masa yang akan datang ( tidak lebih 20 tahun kemudian) akan tercipta berbagai alat elektronik dengan teknologi nano. Meskipun ukurannya amat kecil namun kemampuannya tidak kalah dengan alat sebelumnya yang lebi besar. Teknologi nano akan meningkatkan daya kerja dari alat tersebut. Di dunia Material dan Metalurgi, Teknologi Nano dapat diterapkan dalam pembuatan peralatan dari logam dengan tingkat ketelitian dan presisi yang tinggi sehingga memiliki kualitas yang lebih baik.

1. Teknologi Komputer

Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. . Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.

Image result for komputer masa depan

2. Prosesor

Logam monocrystalline silicon atau biasa dipanggil “silikon” selama ini dipakai sebagai bahan dasar pembuatan integrated circuit, termasuk pada prosesor komputer desktop dan gadget mobile.

Dari tahun ke tahun para pabrikan chip seperti Intel, Samsung, dan TSMC selalu berupaya memampatkan lebih banyak transistor dalam sebidang silikon untuk mendongkrak kinerja, menggunakan proses manufaktur yang semakin menciut hingga kini mencapai 14nm.

3. Input

Macam-macam output adalah keyboard, mouse webcam, joystick, scanner, microfon dan lain-lain seiring dengan perkembangan jaman akan ada beberapa perubahan menjadi yang lebih canggih mengikuti trend teknologi  yang akan datang.

Related image

Sumber :

https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/komputer/pengertian-hardware

https://kelasikelompok05.wordpress.com/2016/11/29/teknologi-hardware-dimasa-mendatang/

Modul Aplikasi Komputer “Central Processing Unit”

Cloud Computing

Pengertian

Komputasi awan (cloud computing) adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, di mana pengguna komputer diberikan hak akses (login). Penerapan komputasi awan saat ini sudah dilakukan oleh sejumlah perusahaan IT terkemuka di dunia. Sebut saja di antaranya adalah Google (google drive) dan IBM (blue cord initiative). Sedangkan di Indonesia, salah satu perusahaan yang sudah menerapkan komputasi awan adalah Telkom.

Image result for cloud computing adalah

https://www.robicomp.com%2Fpengertian-cloud-computing-cara-kerja-dan-jenis-layanannya.html

Sejarah

Tahun 1960

Tahun 60-an, John McCarthy berpendapat bahwa “Perhitungan suatu hari nanti dapat diatur sebagai utilitas publik.” Di buku Douglas Parkhill, The Challenge of the Computer Utility menunjukkan perbandingan idustri listrik dan penggunaan pada listrik di masyarakat umum dan pemerintahan dalam penyediaan cloud computing. Ketika Ilmuan Herb Grosch mendalilkan bahwa seluruh dunia akan beroperasi pada terminal bodah didukung oleh sekitar 15 pusat data yang besar. Karena komputer ini sangat canggih, banyak perusahaan dan entitas lain menyediakan sendiri kemampuan komputasi melalui berbagai waktu danbeberapa organisasi, seperti GE GEISCO, Anak perusahaan IBM Biro Corporation, Tymshare, CSS Nasional, Data Dial, Bolt, dan Beranek and Newman.

Tahun 1995

Larry Ellison, pendiri perusahaan Oracle. “Network Computing” Ide ini sebenarnya cukup unik dan sedikit menyindir perusahaan Microsoft pada saat itu. Intinya, kita tidak harus “menanam” berbagai perangkat lunak kedalam PC pengguna, mulai dari sistem operasi hingga perangkat lunak lainya. Cukup dengan koneksi dengan server dimana akan disediakan sebuah environment yang mencakup berbagai kebutuhan PC pengguna.

Pada era ini juga wacana “Network Computing” cukup populer. Banyak perusahaan yang menggalang sistem ini contohnya Sun Mycrosystem dan Novell Netware. Disayangkan kualitas jaringan komputer saat itu masih belum memadai, penggunapun cenderung memilih PC karena cenderung lebih cepat.

Tahun 90an

Tahun 90-an, perusahaan telekomunikasi mulai menawarkan VPN layanan jaringan pribadi dengan kualitas sebanding pelayanannya, tapi dengan biaya yang lebih rendah. Karena merasa cocok dengan hal tersebut untuk menyeimbangkan penggunaan server, mereka dapat menggunakan bandwidth jaringan secara keseluruhan. Lalu menggunakan simbol awan sebagai penunjuk titik demarkasi antara penyedia dan pengguna yang saling bertanggung jawab. Cloud computing memperluas batas iniuntuk menutup server serta infrastruktur jaringan.

Tahun 2000

Sejak Tahun 2000, Amazon sebagai peran penting dalam semua pengembangan cloud computing dengan memodernisasi pusat data, seperti jaringan komputer yang menggunakan sesedikit 10% dari kapasitas mereka pada satu waktu. Setelah menemukan asitektur awan baru, mengalami peningkatan efisiensi internal sedikit bergerak capat “Tim Dua-Pizza”(Tim kecil untuk memberi makan dengan dua pizza) dapat menambahkan fitur baru dengan cepat dan lebih mudah. Kemudian Amazon mulai mengembangkan produk baru sebagai penyedia cloud computing untuk pelanggan eksternalm dan meluncurkan Amzaon Web Service (AWS) tahun 2006.

Image result for Amazon Web Service

https://www.pcmag.com%2Freview%2F340200%2Famazon-web-services&psig

2005 – Sekarang

Cloud Computing sudah semakin meningkat popularitasnya, dari mulai penerapan sistem, pengunaan nama, dll. Amazon.com dengan EC2 (Elastic Computer Cloud); Google dengan Google App. Engine; IBM dengan Blue Cord Initiative; dsb. Perhelatan cloud computing meroket sebagaimana berjalanya waktu. Sekarang, sudah banyak sekali pemakaian sistem komputasi itu, ditambah lagi dengan sudah meningkatnya kualitas jaringan komputer dan beragamnya gadget yang ada. Contoh dari pengaplikasianya adalah Evernote, Dropbox, Google Drive, Sky Drive, Youtube, Scribd, dll.

Konsep Dalam Cloud Computing

Infrastructure as a Service (IaaS) : penggunaan / penyewaan jaringan untuk akses Internet, layanan Disaster Recovery Center, dsb.

Platform as a Service (PaaS) : penggunaan / penyewaan operating system dan infrastruktur pendukungnya. Seperti : Force.Com , Layanan vendor server, dll.

Software as a Service (SaaS) : berada satu tingkat diatas PaaS dan IaaS, yang ditawarkan adalah software atau suatu aplikasi bisnis tertentu. Contoh : SalesForce.Com, Service-Now.Com, Google Apps, dsb

Image result for cloud computing adalah

https://basingna.wordpress.com%2F2013%2F04%2F05%2Fjenis-layanan-cloud-computing

Kelebihan Cloud Computing

  1. Murah

Penggunaan cloud computing sangat hemat biaya untuk alokasi perangkat keras. Cloud computing juga tidak memerlukan maintenance dan mengurangi pemakaian listrik.

  1. Mudah Di Akses dimana saja

Karena data kita tersimpan di dalam server di internet maka mudah bagi pengguna untuk mengakses data dimanapun dan kapanpun asal terhubung dengan internet.

  1. Fleksibilitas

Ketika data yang kita punya terlalu besar maka ia otomatis menambah kapasitas hanya dalam hitungan menit dengan melakukan self-provisioning. Sehingga tidak perlu          melakukan penambahan jumlah komputer.

  1. Memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan , diantaranya Reduce Cost, Flexibility, Improved Automation, Sustainbility dan focus on Core Competency.
  2. Ramah lingkungan

Cloud computing termasuk teknologi yang ramah lingkungan karena ia tidak memerlukan banyak perangkat keras dan tentunya semakin meminimalisir penggunaan listrik yang tentunya memberikan pengaruh sehingga tidak ramah pada lingkungan.

  1. Aspek sosial

Cloud computing sangat berpengaruh pada hubungan sosial dimana seseorang bisa berkomunikasi dengan orang lain dari berbagai belahan dunia.

  1. Aspek Politik

Penggunaan cloud computing memudahkan kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

  1. Aspek Ekonomi

Penggunaan cloud computing dapat mempermudah dalam proses transaksi bisnis.

Kekurangan Cloud Computing

  1. Tidak bisa dijalankan tanpa koneksi internet, itu artinya ketika akan mengakses data maka kita harus berada di daerah yang terjangkau jaringan internet. jika tidak ada jaringan internet maka tidak bisa mengakses data.
  2. Kurang aman terhadap privasi data pengguna, karena di hosting secara bersamaan sehingga sangat mudah diretas oleh hacker.
  3. Ketika data terhapus, maka kecil kemungkinan untuk memulihkan data.
  4. Kepatuhanya kepada provider masih diragukan.
  5. Kemampuan kebijakan keamanan pada provider masih diragukan dan tidak terjamin
  6. Jarangnya diadakan pelatihan dan audit IT sehingga masih banyak yang gagap akan teknologi ini.
  7. Data antar pelanggan sangat rapat sehingga memungkinkan terjadinya data yang tertukar.

 

Sumber :

  • https://sis.binus.ac.id/2016/12/16/cloud-computing/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
  • https://garudacyber.co.id/artikel/875-kelebihan-dan-kekurangan-cloud-computing
  • Modul Aplikasi Komputer (Cloud Computing)